Maklah Alur Pembuatan Cerita Anak

BAB 1
PENDAHULUAN

cerita anak.jpg
1. 1 Latar Belakang
Dengan meningkatnya perubahan pasar serta hasil produksi yang di ciptakan, banyak perusahaan yang melakukan system penjualan yang terhandal dalam usahanya untuk kuasai pasar internasional serta berlomba untuk jadi yang paling depan. Karenanya nampak asumsi kalau kesuksesan satu perusahaan beberapa besar ditetapkan oleh kesuksesan dalam aplikasi sistem serta aktivitas penjualan.
Penjualan adalah satu diantara aktivitas yang begitu utama untuk satu perusahaan, lantaran karenanya ada penjualan bermakna baik dengan cara segera ataupun tak segera perusahaan bakal terima satu pendapatan. Dengan cara segera pendapatan bakal di terima untuk perusahaan apabila penjualan dikerjakan dengan cara tunai atau kas, serta otomatis pendapatan bakal di terima jika perusahaan lakukan penjualan dengan cara credit atau cicilan dank arena penjualan itu perusahaan bakal memiliki tagihan pada creditur. Oleh karenanya untuk mmaksimalkan pendapatan, perusahaan memerlukan satu cara yang pas.
Dalam aktivitas penjualan di kenal dua jenis pembayaran, yakni lewat cara pembayaran tunai (kontan payment) serta pembayaran cicilan (installment payment). Satu diantara system penjualan yang banyak diaplikasikan pada perubahan saat ini yaitu pembayaran awal oleh customer dimaksud duit muka (down payment). Besarnya duit muka yang bakal dibayar oleh customer dtetapkan berdasar pada perjanjian pada pihak penjual serta customer dalam melakukan transaksinya.
Terdapat banyak argumen yang mengakibatkan perusahaan lakukan kebijakan untuk mengaplikasikan system penjualan cicilan, diantaranya perekonomian yang kurang baik menyebabkan rendahnya daya beli orang-orang untuk lakukan pembelian dengan cara kontan atau tunai. Makin banyak perusahaan yang menghasilkan barang semacam hingga menyebabkan persaingan antar peusahaan, usaha perusahaan untuk meraih tujuan penjualan atau tingkatkan volume penjualan dengan laba yang maksimum.
PT. PANPRISA MOTOR yang beralamat di JI. Akses UI No. 70-72, TUGU-CIMANGGIS, DEPOK perusahaan ini beroperasi di sektor penjualan kendaraan bermotor, di mana penjualanya dikerjakan dengan cara cicilan. Penjualan cicilan ini ditujukan agar bisa menarik semakin banyak customer, dengan hal tersebut laba yang bakal didapat bakal alami peningkat. Berdasar pada pertimbangan di atas, jadi penulis tertarik untuk lakukan riset dengan judul “PERBANDINGAN METODE BUNGA PENJUALAN ANGSURAN PADA PT. PANPRISA MOTOR”
1. 2 Rumusan serta Batasan Masalah
Berdasar pada latar belakang di atas, jadi sebagai pokok permasalahan dalam riset ini yaitu :
1. Bagaimana perhitungan bunga cicilan dengan memakai cara bekas harga kontrak serta cara Long End Interest?
2. Memperbandingkan cara mana yang lebih untungkan untuk diaplikasikan diperusahaan?
Dalam riset ini penulis membatasi permasalahan pada perhitungan bunga berkenaan dengan penjualan cicilan satu unit motor type JUPITER-Z CW untuk periode juni 2010.
1. 3 Maksud Penelitian
Mengenai maksud dari riset ini yaitu :
1. Untuk tahu besarnya pendapatan bunga dengan memakai cara Bekas Harga Kontrak serta cara Long End Interest.
2. Untuk tahu Cara apa yang lebih untungkan untuk diaplikasikan pada perusahaan.
1. 4 Faedah Penulisan
Mengenai faedah yang bisa diproleh dalam penulisan ilmiah ini
1. Faedah akademis riset ini diinginkan bisa memberi faedah dalam memberi pengetahuan di bagian penjualan cicilan.
1. Lewat penulisan ilmiah ini diinginkan bisa memberi pemahaman pada pembaca tentang cara mana yang paling cocok dipakai oleh perusahaan dalam perhitungan bunga cicilan.
1. 5 Cara Penelitian
Cara riset yang dipakai oleh penulis yaitu :
1. 5. 1 Objek Penelitian
Penulisan ilmiah ini dikerjakan pada PT. PANPRISA MOTOR yang disebut sub dealer resmi dari kendaraan merk Yamaha. Perusahaan ini beroperasi pada sektor perdagangan kendaraan bermotor, suku cadang serta service station yang berkedudukan di JI. Akses UI, Depok.
1. 5. 2 Data/Variabel
Data yang dipakai yaitu data primer yang didapat segera dari objek riset, yakni berbentuk satu laporan penerimaan transaksi penjualan motor JUPITER-Z CW periode Februari 2010 yang berisikan harga jual motor, bunga cicilan per dua th. serta duit muka pembayaran penjualan cicilan yang berlangsung pada transaksi penjualan motor JUPITER-Z CW.
1. 5. 3 Cara Pengumpulan Data/Variabel
1. Study Lapangan (Field Study)
Dengan bertanya segera pada pihak-pihak perusahaan yang mengatasi satu operasi yang terkait dengan penulisan ilmiah ini.
2 Studi Kepustakaan (Library Study)
Dalam soal ini penulis lakukan study pustaka dengan membaca serta pelajari literature – literature yang terkait objek penulisan ditambah dengan bahan kuliah yang lalu dari buku – buku itu diambil bahan – bahan yang terkait dengan judul penulisan ilmiah ini sebagai rujukan yang bisa penulis pakai sebagai alat bantu untuk mengkaji satu riset.
1. 5. 4 Alat Analisa Yang Digunakan
Alat analisa yang dipakai oleh penulis yakni analisa kuantitatif.
a. Cara Bunga Periode Panjang (Long End Interest Method)
Bunga dihitung berdasar pada saldo pokok piutang sepanjang periode waktu cicilan. Pada langkah tersebut beban bunga diperhitungkan berdasar pada periode waktu yang sama untuk tiap-tiap cicilan. Walau demikian sebagai titik tolak perhitungan bunga digunakan bekas pokok piutang pada tiap-tiap awal periode cicilan yang berkaitan, hingga jumlahnya bakal makin menyusut dari cicilan yang satu dengan cicilan selanjutnya.
i x bekas harga kontrak bln. sebelumnya

Rumus bunga per bln. :
Di mana : i adalah presentase tingkat bunga per bulan
b. Cara (bekas) Harga Kontrak
Pada cara ini besarnya bunga cukup ditetapkan sekali saja serta setelah itu pembayaran bunga pada tiap-tiap cicilan yaitu sama besarnya.
Rumus bunga per bln. :

Di mana : i Adalah persentase tingkat bunga per bulan

Advertisements